Senin, 26 September 2016

NILAI DASAR PERJUANGAN



Nilai dasar adalah landasan kuat (alasan yg kuat ) agar kita berperoses (berjuang) sesuai dengan  tujuan organisasi.
Sedangkan perjuangan adalah proses atau usaha yang harus kita jalani untuk mencapai tujuan, didalam kita berproses kita harus menjalani nya dengan sungguh-sungguh karena segala sesuatu yang dilakukan setengah-setengah hasil nya tidak akan memuaskan. Karena usaha selalu berbanding lurus dengan hasil dan hasil tidak akan pernah berkhianat dengan proses
Dalam melakukan perjuangan ada beberapa nilai yang harus kita pelajari, dan pahami. Karena sebelum kita berpraktek kita harus memahami sedikitnya teori untuk bekal kita dalam melakukan atau menjalankan perjuangan. Adapun beberapa teori dibawah ini mengenai Nilai Dasar Perjuangan, seperti:
1.      Keyakinan,
Keyakinan ialah hal pertama yang harus kita pahami, karena Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan dirinya telah mencapai kebenaran. Dalam melakukan perjuangan kita harus yakin, ketika kita sudah yakin kita merasa cukup dan menyimpulkan sesuatu yang menurut kita benar dan harus kita perjuangankan. Dengan adanya keyakinan dan kesungguhan yang kuat maka apa yang akan dituju pasti akan tercapai.

2.      Rela Berkorban
Setelah nilai keyakinan, kita harus memiliki nilai Rela Berkorban. Karena Rela ialah bersedia dengan senang hati dan tidak mengaharapkan imbalan atas dasar kemauan sendiri, serta Berkorban ialah memberikan segala sesuatu yang dimiliki sekalipun menimbulkan penderitaan bagi dirinya sendiri. Artinya sikap Rela Berkorban ialah sikap yang mencerminkan adanya kesediaan dan keikhlasan dalam memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain, walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi dirinya sendiri. Dalam perjuangan, Rela Berkorban mengajarkan kita untuk menjadi orang yang mau mengorbankan segala sesuatu dalam hal perjuangan demi membantu kesulitan orang lain (masyarakat) dan cita-cita yang kita yakini. Intisari dari nilai Rela Berkorban ialah apabila seseorang sudah yakin akan adanya kekuasaan tuhan dan yakin akan tujuan yang diemban oleh orang tersebut, organisasi dan Bangsanya. Maka, apapun yang akan dihadapi, segala yang ia punya ia kerahkan untuk cita-cita luhur yang sedang diperjuangkan.

3.      Disiplin
Selanjutnya Disiplin, Disiplin ialah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya. kenapa dalam perjuangan kita harus disiplin? Karena dalam perjuangan kita harus membutuhkan atau mendapatkan kepercayaan dari orang lain agar kita dapat diterima di masyarakat. Titik puncak apabila seseorang telah disiplin ialah ia mampu dipercaya oleh masyarakat dan mampu mengatur waktunya dengan baik agar mampu menetapi janjinya serta mencapai cita-cita luhur yang diemban.

4.      Konsisten
Dan yang terakhir ialah konsisten, konsisten adalah Tetap (Tidak Berubah), dalam artian perilakunya seseuai dengan segala ucapan dan taat. Dalam perjuangan ada satu pepatah “Proses Tidak Akan Menghianati hasil” karena konsisten lah yang akan membuat suatu perjuangan berhasil. Dalam hal konsisten, seseorang sudah berhasil melakukan perjuangan membela orang-orang yang dirampas haknya dan telah berhasil mencapi cita-cita yang diemban apabila seseorang tersebut sudah konsisten dalam hal ucapan dan perbuatan.

Empat nilai-nilai dasar perjuangan tersebut yang harus selalu menjadi pegangan kuat seseorang dalam hal mewujudkan segala cita-cita hidupnya, segala cita-cita organisasi dan segala cita-cita Negaranya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Activity

Diberdayakan oleh Blogger.

SAPMA PP KOM UNTIRTA